RSS

Merokok Rusak Sperma Anak Sejak Kecil

Merokok terbukti dapat merusak sperma. Kerusakan sperma ini ini juga diwariskan dari seorang bapak perokok ke anak lelakinya. Hal itu disampaikan Penelitian dari Kanada.

Kesimpulan kerusakan genetis turun temurun itu didapatkan dari sebuah penelitian pada tikus. Tikus yang diberi asap rokok menunjukkan terjadinya perubahan DNA (gen cetak biru tubuh) pada sel sperma pada tikus tersebut. Mutasi seperti itu, diketahui bersifat permanen. ”Jika diwariskan, mutasi ini menampilkan perubahan yang tidak dapat dikembalikan seperti semula dari komposisi genetik,” kata Carole peneliti Kanada tersebut.

Yauk dari Divisi Penanganan Racun dan Kesehatan Lingkungan Kanada, yang memimpin penelitian juga menyatakan, seorang ibu perokok dapat mencederai janinnya. Nah dari penelitian tersebut, ternyata didapatkan kesimpulan, cidera yang dialami bayi tidak hanya dari ibu perokok yang mengandungnya, tetapi juga dari bapaknya. Malahan yang paling berbahaya, kerusakan genetis turun temurun ini merusak calon penerusnya sebelum bertemu pasangannya.

Yauk dan rekan-rekannya mempelajari sel yang memproduksi sperma di tikus yang dipapar dengan asap rokok selama enam atau 12 pekan. Seluruh mamalia terus melanjutkan untuk memproduksi sperma. Mereka menemukan bahwa terjadi mutasi sebanyak 1,7 kali pada sel DNA tikus yang terpapar asap rokok dibandingkan pada tikus yang tidak terpapar asap rokok setelah 12 pekan, dan 1,4 kali mutasi setelah enam pekan.

Kesimpulan ini menunjukkan bahwa kerusakan tergantung pada lamanya durasi terpapar asap rokok, jadi makin lama anda merokok maka akumulasi mutasi akan makin besar dan makin besar potensi dampaknya pada sel sperma, kata Yauk. Selain itu, rokok juga menyebabkan timbulnya penyakit kardiovaskuler dan kanker kepada si penderita. Begitupun dengan penyakit paru-paru, oesophagus, laryng, dan rongga mulut. Kanker di dalam rongga mulut biasanya dimulai dengan adanya iritasi dari produk-produk rokok yang dibakar dan diisap. Iritasi ini menimbulkan lesi putih yang tidak sakit.

Selain itu merokok juga dapat menimbulkan kelainan-kelainan rongga mulut misalnya pada lidah, gusi, mukosa mulut, gigi dan langit-langit yang berupa stomatitis nikotina dan infeksi jamur. Asap rokok mengandung komponen-komponen dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Banyaknya komponen tergantung pada tipe tembakau, temperatur pembakaran, panjang rokok, porositas kertas pembungkus, bumbu rokok serta ada tidaknya filter. Sedangkan zat-zat yang berbahaya berupa gas-gas dan partikel-partikel. Asap rokok yang kita hisap 90% mengandung berbagai gas seperti N2, O2, CO2, 10% sisanya mengandung partikel tertentu seperti ter, Nikotin dan lain-lain. Partikel dalam asap rokok yang dapat menyebabkan kanker (bersifat karsinogenik) adalah ter.

Pada perokok berat, merokok menyebabkan rangsangan pada papilafiliformis (tonjolan/juntai pada lidah bagian atas) sehingga menjadi lebih panjang (hipertropi). Disini hasil pembakaran rokok yang berwarna hitam kecoklatan mudah dideposit, sehingga perokok sukar merasakan rasa pahit, asin, dan manis, karena rusaknya ujung sensoris dari alat perasa (tastebuds).


sumber http://savechildfromsmoke.wordpress.com/2010/05/31/merokok-rusak-sperma-anak-sejak-kecil/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar